Search
  • Vue Palace

5 Objek Wisata Bandung Jadi Alternatif Liburan saat Pandemi COVID-19


1. Tebing Keraton

Tebing Keraton menjadi salah satu obyek wisata favorit yang ada di Bandung. Tempat wisata ini cocok bagi kalian yang ingin menikmati susana tenang di alam terbuka.

Tebing Keraton ini berada di Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) dan terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Hamparan pohon di Taman Hutan Raya, menjadi pemandangan indah saat kita berada di atas Tebing Keraton. Harus diketahui, Tebing Keraton ini sosok sekali untuk melihat pemandangan sunrise dan sunset. Bagi kalian yang tertarik dtaang ke Tebing Keraton, jangan lupa siapkan kamera atau ponsel untuk mendokumentasikan setiap momen saat berwisata di Tebing Keraton.

2. Batu Kuda

Batu Kuda, obyek wisata di Bandung Timur yang masih dikenal dengan kearifan lokalnya dan dikenal dengan kisah mistisnya. Namun dibalik itu, obyek wisata ini cocok sekali bagi kalian yang suka dengan ketenangan suasana alam. Lokasi obyek wisata ini ada di Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.


Dari Informasi yang dihimpun, situs batu kuda ini merupakan peninggalan agama pra-Islam dengan perwujudan seekor kuda yang menjadi tunggangan Prabu Layang Kusuma dan permaisurinya, Ratu Layang Sari.


Kuda terbang tersebut berasal dari gunung Kidul dan bernama kuda Semprani yang sedang melintasi gunung Manglayang dari arah Cirebon menuju Banten. Hamparan pohon pinus yang ada di obyek wisata ini dan bebatuan yang tertanam di lokasi wisata ini menjadi spot foto favorit bagi para pengunjung.

3. TAHURA ( Taman Hutan Raya )

Taman Hutan Raya (Tahura), menjadi salah satu alternatif lain bagi Anda untuk berwisata di kala pandemi COVID-19. Objek wisata ini ada di Jalan Ir H Djuanda, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Jika Anda berwisata ke Tahura, Anda akan merasakan suasana alam yang sejuk dan segar. Cocok sekali, bagi kalian yang ingin melepaskan penat.


Objek wisata yang memiliki luas sekitar 500 hektare, memiliki gua dan air terjun yang dapat dikunjungi wisatawan dari mulai Gua Jepang, Gua Belanda, Air Terjun Omas dan Air Terjun Dago. Jika sedang beruntung, kita dapat melihat bunga bangkai tumbuh mekar di kawasan obyek wisata ini. Terakhir, bunga bangkai jenis Amorphopallus titanium setinggi 2 meter tumbuh di Tahura.

4. Bukit Bintang

Indahnya pemandangan sunrise dan sunset di kawasan pegunungan Bandung, dapat dinikmati di objek wisata Bukit Bintang.

Bukit Bintang, bukit seluas 12,20 hektar ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Tidak hanya pemandangan bukit pada umumnya saja tetapi wisatawan bisa menikmati beberapa objek wisata sekaligus dalam satu tempat seperti Dermaga Bintang, Puncak Bintang, dan Hutan Pinus.

Menariknya, hutan pinus di bukit bintang lebih tertata dan punya jalan setapak. Di jalan setapak inilah sering dijadikan spot foto pengunjung. Hampir seluruh area wisata ini dikelilingi pohon pinus.

Di objek wisata ini terdapat dermaga, yang menjadi spot favorit bagi wisatawan. Di atas dermaga ini kita bisa melihat pemandangan pedesaan dan alam Bandung. Tak hanya itu, di atas dermaga ini, kita bisa pemandangan malam harinya. Kita bisa melihat pemandangan Bandung City Light. Namun, di kala pandemi COVID-19 seperti saat ini kunjungan hanya dibatasi hingga pukul 18.00 WIB.

5. Situ Cisanti

Titik 0 Citarum, atau yang dikenal Situ Cisanti menjadi obyek wisata favorit lainnya yang ada di Bandung. Letaknya ada di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Kondisi Situ Cisanti kini semakin nyaman, apalagi sejak dibenahi oleh Satgas Citarum Harum. Airnya semakin jernih, terawat dan terjaga.

Tulisan 'Titik 0 Citarum' dan Dermaga Cinta yang ada di Situ Cisanti menjadi spot favorit bagi wisatawan untuk berswafoto. Obyek wisata ini, memiliki tujuh mata air itu antara lain, mata air Pangsiraman, Cikolebere, Cikawadukan, Cikahuripan, Cisadana, Cihaniwung, dan Cisanti. Tujuh mata air ini, sudah menjadi cagar budaya yang dimiliki Pemkab Bandung sejak tahun 2011.

Selain memiliki sumber air yang alami, di mata air itu juga terdapat ikan endemik Jawa Barat yang hidup secara alami, di antaranya ikan paray, benteur, badar dan di Situ Cisantinya ada ikan mas, nilla, mujair danlainnya. Bagi kalian yang tertarik ke lima obyek wisata ini, karena masih dalam situasi pandemi COVID-19, jangan lupa tetap menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat ya.


Kalau ke bandung, yuk nginap di Vue Palace Hotel bandung ya...

4 views0 comments

Recent Posts

See All